• Dapatkan Gratis Ongkos Kirim dan Juga Spesial Diskon dengan Belanja di TOKO KAMI Centralgosir23.com
  • Pusatnya Toko Grosir di Indonesia
Beranda » Blog » Rukun Haji: Pilar-Pilar Utama dalam Ibadah Haji

Rukun Haji: Pilar-Pilar Utama dalam Ibadah Haji

Diposting pada 17 July 2023 oleh farhan udin / Dilihat: 65 kali / Kategori: ,
Ibadah haji

ibadah haji

Haji, salah satu dari lima rukun Islam, adalah ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim yang mampu secara fisik, finansial, dan mental. Ibadah haji memiliki rukun-rukun yang harus dipenuhi oleh setiap jamaah haji. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci tentang rukun haji, yaitu pilar-pilar utama yang menjadi dasar dari pelaksanaan ibadah haji yang sah.

  1. Pilar Pertama
  2. Rukun pertama dalam ibadah haji adalah Ihram. Ihram adalah keadaan khusus yang dimasuki oleh jamaah haji dengan mengenakan pakaian ihram, yang terdiri dari dua lembar kain putih tanpa jahitan. Ihram melambangkan kesederhanaan, kesatuan, dan penghormatan dalam hadirat Allah SWT. Saat memasuki keadaan ihram, jamaah haji mengucapkan niat dan mematuhi larangan-larangan tertentu, seperti tidak mencukur atau memotong rambut, memakai wewangian, atau berburu hewan.

  3. Wukuf di Arafah: Pilar Kedua
  4. Rukun kedua dalam ibadah haji adalah wukuf di Arafah. Pada tanggal 9 Dzulhijjah, jamaah haji berkumpul di dataran Arafah, menghabiskan waktu dari zhuhur hingga matahari terbenam. Wukuf di Arafah merupakan momen penting dalam haji, di mana jamaah haji berdoa, bertobat, memohon ampunan, dan mengungkapkan kebutuhan dan harapan mereka kepada Allah SWT. Wukuf di Arafah mencerminkan sikap tawadhu’ dan penyerahan diri yang mendalam kepada Allah.

  5. Tawaf: Pilar Ketiga
  6. Rukun ketiga dalam ibadah haji adalah tawaf. Tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran secara berlawanan arah jarum jam. Tawaf dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian kepada Allah SWT, dengan Ka’bah sebagai kiblat umat Muslim di seluruh dunia. Tawaf juga melambangkan persatuan, kesatuan, dan solidaritas umat Muslim yang berkumpul di Baitullah. Tawaf diawali dengan niat, diikuti dengan membaca doa-doa tertentu, dan berjalan mengelilingi Ka’bah dengan khusyuk.

  7. Sa’i: Pilar Keempat
  8. Rukun keempat dalam ibadah haji adalah sa’i. Sa’i adalah berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Sa’i menggambarkan perjuangan dan kesabaran Hajar, istri Nabi Ibrahim AS, yang mencari air untuk putranya Ismail di padang pasir Mekah. Sa’i mengajarkan nilai-nilai keyakinan, ketekunan, dan ketabahan dalam menghadapi cobaan. Sa’i dimulai dari bukit Safa dan diakhiri di bukit Marwah, dengan berdoa dan berdzikir di setiap putaran.

  9. Tahallul: Pilar Kelima
  10. Rukun terakhir dalam ibadah haji adalah tahallul. Tahallul adalah melepaskan ikatan ihram setelah menyelesaikan tawaf dan sa’i. Jamaah haji dapat mencukur atau memendekkan rambut sebagai tanda berakhirnya keadaan ihram. Tahallul menandai akhir perjalanan haji dan kembali ke kehidupan normal, sambil membawa kenangan spiritual dan pengalaman yang berharga dari ibadah haji.

Kesimpulan

Rukun haji adalah pilar-pilar utama yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan ibadah haji yang sah. Ihram, wukuf di Arafah, tawaf, sa’i, dan tahallul membentuk dasar-dasar ibadah haji. Setiap rukun memiliki makna dan tujuan yang mendalam, yang meliputi kesederhanaan, tawadhu’, kesatuan, penghormatan, keberanian, dan penyerahan diri kepada Allah SWT. Dengan memahami dan melaksanakan rukun haji dengan sungguh-sungguh, jamaah haji dapat merasakan kedekatan dengan Allah dan mendapatkan manfaat spiritual yang besar dari ibadah haji.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Rukun Haji: Pilar-Pilar Utama dalam Ibadah Haji

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Rukun Haji: Pilar-Pilar Utama dalam Ibadah Haji

Tutup Sidebar
Sidebar

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer serviec]c kami

Arendra
● online
Farchanudin
● online
Indra
● online
Arendra
● online
Halo, perkenalkan saya Arendra
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja