• Dapatkan Gratis Ongkos Kirim dan Juga Spesial Diskon dengan Belanja di TOKO KAMI Centralgosir23.com
  • Pusatnya Toko Grosir di Indonesia
Beranda » Blog » Sunnah-sunnah dalam Ibadah Haji

Sunnah-sunnah dalam Ibadah Haji

Diposting pada 22 July 2023 oleh admin toko / Dilihat: 45 kali / Kategori: ,
Ibadah haji

ibadah haji

Selain dari rukun dan wajibatnya, ibadah haji juga mengandung sunnah-sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh jamaah haji. Sunnah-sunnah haji merupakan tindakan yang dianjurkan dan dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW selama perjalanan ibadah haji. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa sunnah-sunnah haji yang dapat membantu jamaah haji memperdalam keberkahan perjalanan spiritual mereka.

  1. Menyegerakan Berangkat ke Mina
  2. Sunnah pertama yang dianjurkan adalah menyegerakan berangkat ke Mina setelah terbit fajar di hari Tarwiyah (tanggal 8 Dzulhijjah). Nabi Muhammad SAW menyegerakan perjalanan ke Mina sebagai contoh bagi umatnya. Dengan melakukan sunnah ini, jamaah haji dapat memperoleh keberkahan lebih awal dan mendapatkan tempat terbaik di Mina.

  3. Berdoa di Padang Arafah
  4. Salah satu sunnah paling penting dalam ibadah haji adalah berdoa dengan khusyuk dan penuh pengharapan di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Nabi Muhammad SAW juga memberikan contoh yang baik dalam berdoa di tempat ini. Jamaah haji disunnahkan untuk berdoa sepanjang waktu di Arafah dan memohon ampunan, keberkahan, dan pengampunan dari Allah SWT.

  5. Mabit di Muzdalifah
  6. Setelah wukuf di Arafah, sunnah bagi jamaah haji adalah mabit di Muzdalifah hingga terbit fajar pada tanggal 10 Dzulhijjah. Di tempat ini, disunnahkan untuk beribadah, berzikir, dan memperbanyak doa kepada Allah SWT. Nabi Muhammad SAW juga melaksanakan sunnah ini dengan mabit di Muzdalifah.

  7. Melempar Jumrah setelah Terbit Matahari
  8. Sunnah selanjutnya adalah melempar jumrah setelah terbit matahari pada tanggal 10, 11, dan 12 Dzulhijjah. Nabi Muhammad SAW melempar jumrah pada waktu ini sebagai contoh bagi umat Muslim. Lebih baik untuk melempar jumrah setelah terbit matahari untuk menghindari keramaian dan memudahkan pelaksanaan ibadah.

  9. Menyegerakan Tawaf Ifadah
  10. Tawaf Ifadah adalah sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan setelah wukuf di Arafah. Disunnahkan untuk menyegerakan tawaf Ifadah setelah tiba di Mekah. Tawaf Ifadah adalah tawaf tujuh putaran di sekitar Ka’bah. Dengan menyegerakan tawaf ini, jamaah haji dapat merasakan keberkahan dan kesegaran setelah menyelesaikan rukun-rukn haji.

  11. Tawaf Wada (Pamit)
  12. Sunnah terakhir adalah melaksanakan Tawaf Wada sebelum meninggalkan Mekah. Tawaf Wada dilakukan sebelum kepulangan dari Mekah sebagai tanda perpisahan dengan Ka’bah. Dalam Tawaf Wada, jamaah haji juga berdoa dan memohon perlindungan serta ampunan Allah SWT sebelum meninggalkan tanah suci.

Kesimpulan

Sunnah-sunnah haji memberikan pedoman dan contoh yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW selama perjalanan ibadah haji. Dengan mempraktikkan sunnah-sunnah ini, jamaah haji dapat memperdalam keberkahan perjalanan spiritual mereka dan mengikuti teladan Nabi dalam menjalankan ibadah haji dengan lebih baik. Selain sunnah-sunnah yang disebutkan di atas, ada juga banyak sunnah lain yang dapat diikuti selama ibadah haji. Oleh karena itu, sebaiknya jamaah haji juga merujuk kepada panduan haji yang sahih dan berkonsultasi dengan ulama yang kompeten untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang sunnah-sunnah haji.

Tags: , ,

Bagikan ke

Sunnah-sunnah dalam Ibadah Haji

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Sunnah-sunnah dalam Ibadah Haji

Tutup Sidebar
Sidebar

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer serviec]c kami

Arendra
● online
Farchanudin
● online
Indra
● online
Arendra
● online
Halo, perkenalkan saya Arendra
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja